CARA MENULIS ARTIKEL BERITA DENGAN 5W 1H


Cara Menulis Artikel Berita dengan 5W 1H adalah judul yang misteruban pilih pada posting kali ini . Cara menulis artikel atau berita dengan 5W 1H ini menurut misteruban sangatlah penting, karena cara menulis artikel atau berita ini sangat erat kaitannya dengan dunia blogging. Aktifitas blogging sebagian besar dihabiskan untuk membuat sebuah artikel yang baik. Tak hanya baik, aktifitas blogging juga harus bisa memadukan antara artikel yang disukai oleh pengunjung blog dengan artikel yang disukai oleh search engine semacam Google, Yahoo, Bing dan search engine lainnya.

Lalu apa yang di maksud dengan cara menulis artikel atau berita dengan 5W 1H ini? Yang dimaskud dengan cara menulis artikel atau berita dengan 5 W 1H ini adalah bagaimana 5W 1H ini bisa membantu anda dalam mengembangkan cerita sebuah artikel atau berita. Ada seorang novelis kontemporer Amerika yang mencontohkan secara baik 5W 1H ini dalam mengembangkan ide cerita. Adapun ide cerita yang dicontohkannya tidak lain sebuah pertanyaan: mungkinkah seorang presiden adalah pelaku pembunuhan berantai?

Sederhananya begini jika 5W 1H ingin digunakan untuk mengembangkan ide cerita :
  • Who: siapa presiden itu, siapa saja korban pembunuhannya?
  • What: apa yang dilakukan presiden itu sesungguhnya
  • Where: dimana saja peristiwa pembunuhan itu terjadi?
  • When: kapan peristiwa itu terjadi, masa lalu atau masa yang akan datang?
  • Why: mengapa presiden itu melakukan pembunuhan berantai?
  • How: bagaimana cara presiden membunuh para korbannya satu persatu?
Ini adalah cara sederhana untuk mengembangkan ide cerita berdasarkan rumus Rudyard Kipling yang sebenarnya biasa digunakan secara ketat dalam penulisan berita langsung (straight news). Dari rangkaian pertanyaan itu, anda bisa leluasa merumuskan cerita dengan plot, karakter, setting, dan orientasi berdasarkan jawaban atas pertanyaan diatas. 

Cara sederhana mengembangkan ide cerita berdasarkan rumus Rudyard Kipling ini bisa dirumuskan lebih jauh dengan mengembangkan pertanyaan-pertanyaan pendukung atau tambahan yang memperkuat ide/gagasan utama cerita. pada intinya, semua pertanyaan dirinci untuk diverifikasi dan dicari jawabannya sendiri.

Inilah sebagian formula pertanyaan tambahan/pendukung itu:
  • How many: berapa jumlah orang yang jadi korban pembunuhan
  • Who else: siapa saja mereka itu, korban-korban lainnya
  • What time: kapan dan jam berapa mereka dibunuh
  • How much: berapa dollar biaya untuk membunuh, berapa uang yang dirampok
Itu contoh kecil saja. Anda bisa mencari contoh lainnya, cukup menggunakan formula pertanyaan bahasa Indonesia saja. Misalnya bagaimana cara presiden itu membunuh? apakah dengan pola yang sama, katakanlah seluruh korban dicekik? jam berapa sang presiden melancarkan aksi mautnya? dimana biasanya pelaku mengincar korban? bagaimana reaksi pelaku seusai membunuh? Dan seterusnya.

Nah, ketika pertanyaan utama dan pertanyaan tambahan/pendukung sudah dirumuskan dan sudah dicari jawabannya, tentu saja akan membentuk semacam puzzle yang kelak harus disusun menjadi sebuah cerita yang utuh. Ini bagian tersulit dalam merancang dan mengembangkan cerita. Tetapi dengan bantuan pertanyaan demi pertanyaan di atas, menyusun puzzle rasanya akan jadi lebih mudah.

5W 1H sendiri adalah singkatan dari Who, What, Where, When, Why dan how.
  • Who is it about? = tentang siapa?
  • What happened? = apa yang terjadi?
  • Where did it take place? = dimana peristiwa terjadi?
  • When did it take place? = kapan peristiwa terjadi?
  • Why did it happen? = mengapa hal itu terjadi?
  • How did it happen? = bagaimana hal itu terjadi?
Demikian posting misteruban tentang cara menulis artikel atau berita dengan 5W 1H. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.


Artikel Terkait

4 comments:

  1. Met Pagi Misteruban..Ane suka nih postingan yg ini,buat nambah daya imajinasi waktu ngarang postingan..:)

    ReplyDelete
  2. Makasih gan, semoga bermanfaat.. saya juga dapet artikel ini dari blog lain kok, tu ada dua sumber yang saya cantumkan disitu..

    ReplyDelete
  3. Bang, ini menurut saya artikal yang sangat menarik. dan saya sendiri baru belajar blog butuh yang namanya menulis atau mengarang dengan baik dan benar. dan saya temaukan artikelnya disini. namun terkadang saya lupa, maka dari itu saya butuh semua catatan. dan kiranya Bang jikalau ini artikel saya salin atau copy keblog saya boleh tidak ya Bang ?

    minta ijinnya ya Bang ?

    ini Blog saya http://kliktabi.blogspot.com/

    sekalalian juga minta saran dan koreksinya untuk blog saya itu Bang.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  4. kayanya menulis jadi lebih mudah dengan metode 5 W, terimakasih panduannya

    ReplyDelete

Berikan komentar dengan cara yang baik dan bijak. Berikan saran dan kritik yang bersifat membangun agar blog ini semakin maju dan berkualitas. Happy blogging - misteruban -