CARA INSTAL JOOMLA 2.5 OFFLINE

Pada posting kali ini misteruban akan sampaikan bagaimana cara menginstal Joomla! 2.5 secara offline dengan menggunakan mini server XAMPP. Perlu diketahui bahwa pembuatan website secara offline ini sangat mambantu dan mempercepat dalam pengerjaan sebuah website. Apalagi bagi anda yang mempunyai koneksi lambat, hal ini akan sangat membantu sekali. 

Berikut langkah langkahnya :
  1. Buka folder htdocs di XAMPP yang ada di C ( Computer - Local Disk C - Xampp - htdocs )
  2. Buat sebuah nama folder didalam htdocs ( misalnya diberi nama demo )
  3. Ambil file Joomla! yang anda punya, lalu ekstrak file Joomla! 2.5 ke folder yang anda buat di htdocs tadi.
  4. Setelah Joomla! 2.5 Berhasil diekstrak aktifkan panel control mini server XAMPP dan hidupkan Apache dan MySql dengan mencentang keduanya dan klik tombol start. 
  5. Jika Apache dan MySql sudah dalam keadaan running maka tahap selanjutnya adalah instalasi Joomla! 2.5, Buka web browser anda dan panggil folder demo dengan cara menuliskan http://localhost/demo.
  6. Jika berhasil, maka akan muncul pilihan bahasa yang akan digunakan pada Joomla 2.5, pilih bahasa dan klik next.
  7. Setelah itu akan muncul Pre-Instalastion Check, klik next saja.
  8. Selanjutnya akan muncul tampilan Lincense, klik next saja. ( luangkan waktu anda untuk membaca License yang diberikan Joomla! jika anda sudah tau cara pengoperasian Joomla! )
  9. Konfigurasi database. Tulis hostname dengan localhost, username isikan dengan root, pasword biarkan kosong, nama database dan table prefix biarkan seperti apa adanya dan klik next.
  10. Selanjutnya akan muncul tampilan konfigurasi FTP, lewati saja dan klik next.
  11. Pada langkah selanjutnya di tampilan Main Configuration isikan nama website anda, email, username admin dan paswordnya. Klik sample data yang ada di posisi bawah untuk mempermudah kita mengenali Joomla! dan klik next.
  12. Tahap terakhir adalah klik Remove installation folder pada tampilan Finish. klik Site jika anda ingin mengetahui tentang halaman depan Joomla! ( frontpage ) atau klik Administrator jika anda ingin langsung masuk pada bagian adminstrasi Joomla! ( backend ).
  13. Untuk melihat tampilan frontpage, anda bisa mengetik pada url web browser anda dengan http://localhost/demo atau jika anda ingin masuk ke administrasi Joomla! anda bisa mengetik http://localhost/demo/administrator dan masukkan pasword yang telah anda buat pada langkah no 9.
Demikian langkah langkah Instalasi Joomla! 2.5 secara offline yang misteruban ketahui dan misteruban terapkan pada pembuatan website berbasis Joomla 2.5. 

Artikel Terkait

4 comments:

  1. terima kasih gan infonya,..akhirnya bisa juga install joomlanya,,

    ReplyDelete
  2. Mantab Gan tutornya.. Thanks sudah berbagi ilmu

    ReplyDelete
  3. loadingnya gak slesai2 waktu di next di bagian database..
    gak mau ke bagian ftp configuration..
    itu knapa ya..?

    ReplyDelete

Berikan komentar dengan cara yang baik dan bijak. Berikan saran dan kritik yang bersifat membangun agar blog ini semakin maju dan berkualitas. Happy blogging - misteruban -