BUDIDAYA LELE PAITON

Siapa yang belum pernah makan ikan lele,saya rasa semua orang indonesia pernah memakannya.dengan harga yang relatif murah dan diminati banyak orang lele merupakan makanan yang tergolong favorit apalagi bagi mahasiswa.

Budidaya lele sekarang ini mengalami perkembangan pesat karena relatif mudah dalam pengelolaannya dan hasilnya yang cukup lumayan.dari beberapa sumber yang saya dapatkan budidaya lele yang paling digemari adalah budidaya lele jenis paiton dan sangkuriang karena proses pertumbuhannya yang relatif lebih cepat dari pada lele lokal maupun lele dumbo.

Menurut dari beberapa petani yang saya temui,lele jenis paiton dan sangkuriang hanya memerlukan waktu
sekitar 60 hari untuk proses pemeliharaannya,yaitu dari benih lele ukuran 3-5 cm sampai dengan panen yaitu sekitar 7 - 9 ekor / kg ( 7 - 9 ekor lele/ kg adalah jenis lele yang sudah siap konsumsi ).sedangkan lele dumbo memerlukan waktu sekitar 90 hari dalam proses pemeliharaannya.

Dari faktor itulah para peternak lele lebih memilih jenis paiton / sangkuriang daripada jenis dumbo karena lebih singkat waktu pemeliharaannya dan lebih sedikit pengeluaran untuk pembelian pakannya.

Nah bagi yang ingin tau cara budidaya lele lebih jauh lagi dapat menghubungi di yahoo messenger kami ( zimbah_x ) atau bisa masuk di forum grandul.com atau bisa juga langsung coment di blog ini.

semoga berguna!!!

Komentar

  1. misi gan numpang nanya,untuk pakan bagaimana gan..soalnya saya berminat untuk mencoba bisnis ini,terima kasih sebelumnya,...

    BalasHapus
  2. untuk pakan kita bisa menggunakan pelet sebagai pakan utama,jenisnya bermacam macam,ada 781,781-2,782,dsb.tapi agar bisa menghemat biaya pembelian pakan kita bisa menambahkan berbagai macam pakan alami,seperti pupuk kandang,sampah alami,seperti kedebok pisang,dedaunan dll. pakan alami ini ditaruh ke dalam kolam 2 minggu sebelum kolam di beri benih,agar nantinya pakan alami yang telah membusuk memberikan makanan tambahan kepada benih lele.untuk lebih jelasnya,silahkan hubungi ym kami yang ada di sebelah kanan blog,terima kasih..

    BalasHapus

Posting Komentar

Berikan komentar dengan cara yang baik dan bijak. Berikan saran dan kritik yang bersifat membangun agar blog ini semakin maju dan berkualitas. Happy blogging - misteruban -

Postingan populer dari blog ini

CARA VERIFIKASI PAYPAL TANPA KARTU KREDIT DAN VCC VERSI INDONESIA ( Sudah Tidak Bisa Digunakan )

CARA JUAL BELI ONLINE AMAN MENGGUNAKAN REKBER

CARA MENULIS ARTIKEL BERITA DENGAN 5W 1H