CARA MEMULAI BISNIS

Banyak sekali orang yang ingin tau tentang cara memulai bisnis. Kebanyakan dari kita bingung harus memulai dari mana karena banyak faktor. Berikut misteruban bagikan tips sederhana bagi anda yang ingin tau cara memulai bisnis :
  1. Siapkan ide bisnis anda.
  2. Jika ide sudah ditemukan, mulai telusuri apa yang dibutuhkan untuk menjalankan ide bisnis anda tersebut.
  3. Action
Itulah tadi tips sederhana cara memulai bisnis ala misteruban. tips diatas adalah pengalaman yang misteruban sendiri terapkan dalam membuat sebuah usaha. pasti beberapa dari anda tidak setuju dengan tips diatas, masak sangat simple begitu. begini, akan misteruban terangkan.
dalam membuat sebuah bisnis yang diperlukan hanyalah ide bisnis, kebutuhan tentang ide bisnis yang akan dijalankan dan kalau sudah tau apa yang dibutuhkan segeralah untuk action.
Kenapa bisa demikian? Ya, karena untuk perkara yang lainnya semua bisa berjalan bersamaan dengan menjalankan bisnis tersebut. Penjelasannya begini, menurut misteruban awal untuk menjalankan sebuah bisnis adalah action. Punya ide, modal, perhitungan yang matang, dan mempunyai semua yang dibutuhkan dalam menjalankan sebuah bisnis tapi kalau tidak dijalankan itu sama juga bohong.

Actionlah segera sesuai dengan kemampuan kita. Misalnya begini, dulu sewaktu misteruban memulai membuat sebuah usaha Konveksi, yang misteruban lakukan hanyalah mencari peralatan produksi untuk membuat kaos dan langsung action. sebab ide bisnisnya sudah ada yaitu memproduksi kaos sendiri. modal pertama yang dikeluarkan hanyalah untuk membeli perlengkapan sablon sebesar Rp. 2.500.000.

Setelah membeli perlengkapan sablon misteruban baru mikirin soal pegawai, pemasaran, menghitung rugi laba dan lain sebagainya. Sebab begini, misteruban percaya pada model bisnis yang prinsipnya kepepet. yang dimaksud kepepet adalah setelah mempunyai ide bisnis, tadi telah misteruban terangkan bahwa misteruban langsung membeli alat sablon seharga Rp.2.500.000. pembelian alat sablon ini misteruban gunakan sebagai pancingan agar terus menjalankan ide bisnis yang sudah sampai dengan pembelian alat.

Karena apa, kalau misalnya tadi misteruban tunda tunda untuk membeli alat dan menghitung hitung dulu dana serta perlengkapan yang dibutuhkan, maka menurut perhitungan uang Rp.2.500.000 tadi tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan membuat sebuah usaha konveksi. karena perhitungan yang misteruban lakukan untuk membuat usaha konveksi total dana yang dibuthkan adalah sekitar 60 jutaan sedangkan uang yang dimiliki hanya 2,5 juta.

Bayangkan saja kalau tadi misteruban menghitung hitung dulu dana yang dibutuhkan, tentunya misteruban tidak jadi membuka usaha karena takut akan perhitungan yang misteruban lakukan sendiri. tetapi lain cerita kalau uang yang 2,5 juta tadi langsung dibelikan alat produksi. dengan mempunyai alat sablon misteruban sudah bisa memperoleh dan mencari order dan mencicil semua kebutuhan sedikit demi sedikit dan pada tahun kedua misteruban sudah bisa mempunyai aset sekitar 30 jutaan.

Dari sedikit gambaran diatas bisa ditarik kesimpulan bahwa yang terpenting dalam memulai sebuah usaha itu adalah action, masalah lainnya bisa dipikirkan setelah kita berani mencoba. demikian cara memulai usaha ala misteruban, setuju atau tidak setuju itu hak anda dan misteruban hanya sekedar sharing dari pengelaman saja.




Artikel Terkait

1 comment:

  1. Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

    ReplyDelete

Berikan komentar dengan cara yang baik dan bijak. Berikan saran dan kritik yang bersifat membangun agar blog ini semakin maju dan berkualitas. Happy blogging - misteruban -