MEMBUAT WEBSITE ATAU BLOG

Pada kesempatan kali ini misteruban akan memberikan tips tentang apa yang harus dilakukan sebelum membuat sebuah website atau blog. Yang harus dilakukan sebelum membuat sebuah website atau blog adalah membuat perencanaan dan menetapkan tujuan dari website atau blog. dengan melakukan perencanaan yang matang serta menetapkan tujuan yang jelas maka kita akan mengalami kemudahan, khususnya nanti pada saat teknis pembuatan website atau blog itu sendiri.

Alangkah baiknya juga jika kita melakukan sebuah pemetaan sederhana dan berurutan terhadap rencana yang akan kita buat seperti proses dibawah. 

Proses I : Perencanaan Website / Blog
Proses II : Menetapkan Desain Website / Blog
Proses III : Menetapkan Ekstensi Website / Blog
Proses IV : Menyiapakan Konten Website / Blog
Proses V : Menyiapakan Menu Website / Blog
Proses VI : Teknis Pembuatan Website / Blog

Dengan melakukan pemetaan secara sederhana dan berurutan seperti proses diatas nantinya pada saat proses pengerjaan website / blog kita akan mengalami kemudahan karena langkah langkahnya sudah dapat kita prediksi. Setelah melakukan pemetaaan secara sederhana dan berurutan, jabarkan secara rinci hasil pemetaan tersebut. 

Perencanaan Website / Blog
Perencanaan dan tujuan website / blog ditentukan pada tahap ini. pada tahap ini juga kita membuat konsep website / blog yang ingin dibangun. Tentukanlah jenis website / blog yang akan dibangun, tentukan target pengunjung, tentukan konten yang ingin dimunculkan, tentukan apakah ingin menempatkan website / blog di hosting lokal atau luar negeri, tentukan cara administrasi dan maintenance website / blog, tentukan cara promosi website, dll.

Menetapkan Desain Website / Blog
Setelah melakukan perencanaan kita sekarang menentukan desain website yang akan digunakan. desain website / blog ini tergantung dari selera kita masing masing, apakah ingin desain website / blog yang profesional, minimalis, elegan atau yang lainnya. Setelah menentukan apakah desain website / blog kita minimalis, profesional atau elegan tehap selanjutnya adalah menentukan apakah kita akan membuat template sendiri, membeli template dari pihak lain atau menggunakan template gratisan.

Menetapkan Ekstensi Website / Blog
Untuk mendukung sisi tampilan, fungsi dan kekuatan sebuah website / blog, ekstensi pendukung bisa kita manfaatkan seperti komponen, modul, plugin, widget dll. Penggunaan ekstensi ini kita sesuaikan dengan tema dan kebutuhan, jangan sampai nantinya ekstensi ini malah memberatkan proses loading pada website / blog. Proses loading yang terlalu lama pada sebuah website / blog sangat mempengaruhi keinginan seseorang untuk singgah pada sebuah website / blog.

Menyiapakan Konten Website / Blog
Pada tahap ini konten website / blog tidak hanya sekedar dipersiapkan tetapi juga harus dipetakan dan dikatagorikan sesuai dengan kebutuhan. misalnya menyiapkan konten artikel yang berhubungan dengan isi website / blog, menyiapakan konten profile untuk menu tentang kami, menyiapakan konten video dan seterusnya. 

Menyiapkan Menu Website / Blog
Menyiapkan menu website / blog secara terstruktur akan membuat website / blog menjadi lebih tertata dan rapi. semisal ingin menampilkan menu banyak, pertimbangkan kembali apakah menu menu tersebut memang penting untuk disajikan, karena jika kita tidak pintar dalam menata navigasi yang terjadi malah kita akan memusingkan pengunjung.

Komentar

  1. artikelnya menarik dan informastif banget, pastinya bisa dijadikan refrensi bacaan yang bagus. terima kasih udah sharing

    BalasHapus

Posting Komentar

Berikan komentar dengan cara yang baik dan bijak. Berikan saran dan kritik yang bersifat membangun agar blog ini semakin maju dan berkualitas. Happy blogging - misteruban -

Postingan populer dari blog ini

CARA VERIFIKASI PAYPAL TANPA KARTU KREDIT DAN VCC VERSI INDONESIA ( Sudah Tidak Bisa Digunakan )

CARA JUAL BELI ONLINE AMAN MENGGUNAKAN REKBER

CARA MENULIS ARTIKEL BERITA DENGAN 5W 1H