CARA AMAN BELANJA ONLINE

Cara Aman Belanja Online
misteruban - Semua orang pasti menginginkan kegiatan belanja online yang mereka lakukan aman, namun taukah anda bahwa seiring dengan terus tumbuh dan berkembangnya transaksi jual beli online di Indonesia, turut berkembang pula berbagai macam modus penipuan yang membuat kita harus lebih waspada dan berhati-hati dalam melakukan kegiatan belanja online.

Untuk menghindari berbagai macam kejahatan terutama penipuan online tersebut, ada beberapa tips atau cara aman belanja online yang bisa anda lakukan, khususnya untuk anda yang ingin melakukan kegiatan belanja online di Kaskus, Tokobagus, Berniaga, Facebook, Instagram, dan situs toko online lainnya.

A. Cara Aman Belanja Online Versi Ribet
Cara ini memang sedikit berbelit-belit karena membutuhkan proses dan waktu yang lama untuk mengidentifikasi dan mempelajari seluk beluk penjual atau situs yang hendak anda beli barangnya. Cara ini diperlukan beberapa step atau tahapan, diantaranya adalah

Cara aman belanja online step I 
Search di google apakah situs atau penjual yang hendak anda beli barangnya benar-benar credible. Caranya dengan menuliskan nama penjual atau toko online yang hendak anda beli barangnya ditambah dengan akhiran kata penipu.

Cara aman belanja online step II
Cari kontak pembeli yang sebelumnya sudah pernah melakukan transaksi dengan penjual atau situs yang hendak anda beli barangnya. Tanyakan bagaimana pengalaman dia saat melakukan transaksi dengan penjual atau situs yang hendak anda beli barangnya.

Cara aman belanja online step III
Pelajari track record, perilaku dan testimoni dari penjual atau situs yang hendak anda beli barangnya. Jika anda membeli barang di Kaskus anda bisa mengetahui data-data ini, mulai dari pengalaman dia jualan sampai aktifitas yang ia lakukan di Kaskus.

Sebenarnya masih ada beberapa step atau tahapan yang harus dilakukan pada cara aman belanja aman versi ribet ini, namun lebih baik jika kita langsung menuju ke cara yang simpel saja karena lebih efektif dan efisien. berikut ini adalah cara aman belanja online versi simpelnya.

B. Cara Aman Belanja Online Versi Simpel

  1. Carilah barang dari rekomendasi orang, bisa dari teman, komunitas atau forum-forum online. Jika barang yang anda cari adalah barang langka, anda bisa menanyakannya di forum-forum online seperti halnya Kaskus.
  2. Untuk anda yang ingin berbelanja online di toko online, pastikan toko online tersebut sudah menggunakan sertifikat SSL. Cara mengetahuinya mudah, apabila awalan nama domain situs sudah https maka toko online tersebut sudah menggunakan sertifikat SSL. Untuk penjelasan sertifikat SSL akan misteruban terangkan pada posting berikutnya.
  3. Cari situs atau penjual yang menerima transaksi dengan cara COD atau Rekber. Jika anda ingin membeli barang melalui situs atau penjual yang belum jelas kredibilitasnya maka anda wajib untuk menerapkan hal ini. Penjual atau situs yang tidak menerima COD atau Rekber sebaiknya tinggalkan saja dan cari situs atau penjual yang menerima transaksi menggunakan sistem COD atau Rekber.
Catatan Penting :
  • Ingat bahwa sistem COD tidak menjamin transaksi 100% aman karena banyak juga kasus penipuan dengan sistem COD ini. Keterangan lebih lanjut tentang sistem COD bisa anda baca di Cara Aman Jual Beli Online dengan COD
  • Sistem transaksi jual beli online atau belanja online yang misteruban rekomendasikan adalah menggunakan Rekber. Walau memerlukan beberapa tahapan saat melakukan transaksi, namun sistem Rekber adalah sistem yang menurut misteruban adalah sistem yang paling baik untuk mengamankan transaksi belanja online saat ini. Pembahasan tentang Rekber bisa anda pejari disini
  • Dalam memilih Rekber juga harus benar, jangan sampai anda tertipu dengan modus penipuan dimana penjual atau situs membuat dua lapak sekaligus, yaitu lapak dagangan dan lapak Rekber. Pilihlah penyedia layanan Rekber yang benar-benar terpercaya seperti halnya RekberMu!, Inapay, Blackpanda dan beberapa rekber recommended lainnya. Untuk Cara serta tips dan trik memilih Rekber akan misteruban tulis di posting berikutnya.

Komentar

  1. kalau codx tiap hari ak bisa tekor gan... coz naik angkot,,kwkwkwk, klo seminngu sx konsumen mo g yaa???... msh baru

    BalasHapus

Posting Komentar

Berikan komentar dengan cara yang baik dan bijak. Berikan saran dan kritik yang bersifat membangun agar blog ini semakin maju dan berkualitas. Happy blogging - misteruban -

Postingan populer dari blog ini

CARA VERIFIKASI PAYPAL TANPA KARTU KREDIT DAN VCC VERSI INDONESIA ( Sudah Tidak Bisa Digunakan )

CARA JUAL BELI ONLINE AMAN MENGGUNAKAN REKBER

CARA MENULIS ARTIKEL BERITA DENGAN 5W 1H