CARA INSTAL JOOMLA 2.5 ONLINE

Cara instal Joomla! 2.5 bisa dilakukan dengan dua cara, baik online maupun offline. berikut akan Misteruban terangkan tentang cara menginstal Joomla! 2.5 secara online. sebelum melakukan instalasi secara online, anda harus terlebih dahulu mendownload file Joomla! 2.5 versi terbaru yang bisa didapatkan secara gratis di joomla.org.

Berikut langkah langkah mendownload fileJoomla! :
  1. Buka alamat www.joomla.org
  2. Klik download pada menu yang berada disebelah kanan layar monitor anda.
  3. Setelah anda mengeklik tombol download maka akan muncul halaman download dan pilih pada Joomla! 2.5 versi yang paling terbaru. pilih file full package dan klik ZIP. sebagai tambahan, sewaktu artikel ini dibuat Joomla! versi terbaru adalah Joomla! 2.5.6.
  4. Tunggu proses download dan simpan file Joomla! di komputer anda jika sudah selesai.

Cara Instalasi Joomla! dengan Cpanel


Cpanel adalah salah satu software pengolahan file dan database yang ada dihosting anda. cara memilih web hosting dan domain. dengan Cpanel anda dapat mengedit file yang anda butuhkan secara online.

Berikut langkah langkah instalasi Joomla! di Cpanel :
  1. Login ke http://domainanda.com/cpanel.
  2. Lihat fitur Files dan klik File Manager.
  3. Pilih opsi web root ( public_html/www ) dan klik tombol Go.
  4. Letakkan file Joomla! anda langsung di /public_html atau untuk latihan letakkan file Joomla! di folder demo (/public_html/demo) dengan cara mengeklik folder demo yang anda buat.
  5. Klik menu upload.
  6. Upload file Joomla! yang di download tadi dengan klik tombol telusuri. tunggu sampai file berhasil di upload.
  7. Setelah proses upload selesai klik tombol reload dan anda akan melihat file yang telah berhasil diunggah.
  8. Kemudian klik / seleksi file yang telah berhasil di upload tadi dan klik extract.
  9. Arahkan file yang diextract ke /public_html atau di folder demo anda. pilih salah satu dan klik tombil extract file.
  10. Tunggu proses extract file sampai selesai dan klik close jika proses extract sudah selesai.
  11. Klik reload jika file belum terlihat.

Buat Nama Database dan Username

Tanpa nama database dan username database instalasi Joomla! tidak akan bisa berjalan. pembuatan nama database dan username database juga berlaku saat anda menginstal aplikasi CMS lain.

Berikut langkah langkah pembuatannya :
  1. Klik fitur MySQL.
  2. Masukkan nama database baru dan klik tombol create Database.
  3. Klik tombol Go Back
  4. Buat username dan isikan pasword sesuai keinginan anda dan klik Create User
  5. Klik Go back
  6. Scroll mouse kebawah dan tambahkan user baru ke database baru. klik add.
  7. klik All Privileges untuk wewenang fitur. klik Make Changes.
  8. Kemudian klik Go Back.
  9. Database dan user baru telah selesai ditambahkan.

Memulai Instalasi Joomla!

Setelah nama dan username database dibuat, kini saatnya memulai instalasi Joomla!.

Berikut langkah langkahnya :
  1. Ketik pada browser anda dengan url http://namadomainanda.com/demo. maka akan muncul tampilan Choose Language. pilih bahasa yang akan digunakan dan klik next. 
  2. Setelah itu akan muncul tampilan Pre - Installation Check, klik next juga.
  3. Maka akan muncul tampilan License. klik next juga.
  4. Muncul tampilan Database Configuration. dalam langkah ke empat ini masukkan nama database, username dan pasword database yang telah anda buat di fitur MySQL dan klik next.
  5. FTP Configuration. tampilan ini bisa dilewati dan klik next.
  6. Main Configuration. Masukkan nama website, email, username dan pasword anda. Klik sample data untuk melihat demo konten dan klik next.
  7. Finish. Klik tombol Remove installation folder dan klik site untuk melihat halaman front end atau klik administrator untuk melihat halaman admin.
Demikian Cara Instal Joomla! 2.5 Online, Semoga bermanfaat dan terima kasih.


Cara Installasi Joomla! offline atau di Localhost akan misteruban post dihari berikutnya. 


Komentar

  1. bang, kalo databasenya (lihat yang database.jpg) terus isi form yang di Joomlanya gimana (lihat form.jpg )?

    BalasHapus
  2. numpang komen kang...

    kalau kasusnya kayak agan barrick,
    database type: mysql
    hostname: mysql.hostingmen.tk
    username: u371942368_webs (dicek ulang ya gan)
    password: isikan sesuai dengan password anda ketika membuat database
    database name: u371942368_webs

    BalasHapus
  3. Wah berhasil ternyata. terimakasih banyak ya

    BalasHapus
  4. @ agan Barick : ok sama2 gan.. senang kalau posting ini bisa berguna..
    @ agan Edisi pertama : coba link ini gan, mungkin lebih jelas karena disertai dengan gambar.. http://cahayainspirasi.com/langkah-langkah-membuat-website-dengan-joomla/

    BalasHapus
  5. dah mampir aku keblogmu nug..

    BalasHapus
  6. Ya, silahkan digunakan saja sob..
    Template saya yang ID IdeTutorial Magazine itu boleh digunakan kok.. :)Kecuali template yg saya gunakan itu tidak akan saya bagi.. Template rancangan saya cuman mirip doank, bukan persis. Silahkan menggunakan template saya.. Ingat, link credit tak boleh dirubah ya sob.. ^_^

    BalasHapus
  7. Siap kang Hilman.. makasih banyak..

    BalasHapus
  8. Yaya, sama-sama..
    Dipakai sekarang juga tidak apa-apa template rancangan saya.. :)

    BalasHapus
  9. Hee, gak jadi pasang templatenya kang,.. soalnya bingung ngatur2nya..

    BalasHapus
  10. artikel yg bagus ulasannya mas, dan ini yg saya cari selama ini karena ulasannya cukup detail dan juga kalau bisa sekalian bagi teman2 yg suka dengan film box office ampe blu silakan kunjungi situsnya ya, karena itu terima kasih buat admin disini juga dan keep blogging he, makasi gbu

    BalasHapus
  11. hostnamenya di isi apa kang?

    BalasHapus
  12. ketika http://namadomainandasaya/demo not found ya.. saya sudah melakukan semua langkah di atas.. hasil ekstrak saya arahkan ke public_html

    BalasHapus
  13. cara melihat hostname nya gmana

    BalasHapus
  14. terimaksih,
    saya berhasil walu banyak kesulita.
    saran: perlu gambar biar lebih jelas.
    teruslah berkarya
    semoga Alloh membalas usaha Anda
    dengan yang lebih sempurna.
    aamiin

    BalasHapus
  15. Saya ingin coba menggunakan Joomla, tapi setelah saya upload dan coba Setup, malahan muncul "Not Support PHP", trus gimana solusinya ya ...?

    BalasHapus
  16. gan. kok waktu nginstal joomla 2.5 disuruh ganti index di cpanel ya ?
    kenapa ya gan ?
    bisa tolong dibantu gak ?
    makasih

    BalasHapus
  17. nah instal joomla di cpanel gimana ya?

    BalasHapus
  18. Terima kasih infonya gan,... sangat bermanfaat.

    BalasHapus

Posting Komentar

Berikan komentar dengan cara yang baik dan bijak. Berikan saran dan kritik yang bersifat membangun agar blog ini semakin maju dan berkualitas. Happy blogging - misteruban -

Postingan populer dari blog ini

CARA VERIFIKASI PAYPAL TANPA KARTU KREDIT DAN VCC VERSI INDONESIA ( Sudah Tidak Bisa Digunakan )

CARA MENULIS ARTIKEL BERITA DENGAN 5W 1H

TIGA REKBER TERPERCAYA 2013